ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN NY.A DAN TN. J YANG MENGALAMI PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT ABDUL RADJAK SALEMBA

Categorie(s):
   Karya Ilmiah Akhir Ners
Author(s):
   Miftahul,Janah
Tahun:
   2021
NIM Mahasiswa:
 1035201015
Nama Mahasiswa:
 Miftahul Janah
Nama Penulis:
 Miftahul Janah
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Pneumonia, Karya Ilmiah Akhir Ners (KIAN).
Abstract :
Latar Belakang: Pneumonia adalah infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, seperti bakteri, virus, parasit, jamur, pajanan bahan kimia atau kerusakan fisik paru. Pneumonia dapat menyerang siapa aja, seperti anak-anak, remaja, dewasa muda dan lanjut usia, namun lebih banyak pada balita dan lanjut usia. Pneumonia dibagi menjadi tiga yaitu community acquired pneumonia (CAP) atau pneumonia komunitas, hospital acquired pneumonia (HAP) dan ventilator associated pneumonia (VAP), dibedakan berdasarkan darimana sumber infeksi dari pneumonia. Pneumonia yang sering terjadi dan dapat bersifat serius bahkan kematian yaitu pneumonia komunitas. Manifestasi klinis pneumonia adalah anoreksia, demam, muntah, nyeri abdomen, batuk, dan sesak. Penyakit pneumonia biasanya disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya yaitu bakteri (Pneumokokus, Steptokokus, Stafilokokus, H.influenza, klebsiela mycoplasma pneumonia), virus (virus adena, virus parainfluenza, virus influenza), jamur/fungi (histoplasma, capsulatum, koksidiodes), protozoa (pneumokistis karinti), bahan kimia (aspirasi makanan /susu/isi lambung), keracunan hidrokarbon (minyak tanah dan bensin).
Tujuan: Mampu melaksanakan asuhan keperawatan secara komprehensif kepada klien yang mengalami Pneumonia.
Hasil: Dilakukan asuhan keperawatan terhadap 2 klien yang mengalami pneumonia, dalam penyusunan asuhan keperawatan penulis melakukan proses yang meliputi pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Lalu membahas kesenjangan sesuai dengan teori dan kenyataan yang diperoleh sebagai hasil pelaksanaan studi kasus.
Kesimpulan: Dari hasil proses asuhan keperawatan yang dilakukan oleh penulis diagnosa keperawatan yang berhasil teratasi yaitu masalah gangguan pola tidur dan nyeri, sementara untuk masalah keperawatan ketidakefektifan bersihan jalan nafas, gangguan pola nafas, dan ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh belum teratasi dan intervensi dilanjutkan oleh perawat yang ada diruangan.
          Link File