UJI KESESUAIAN ALAT DIGITALISASI TFU, PITA UKUR dan HPHT DALAM MENENTUKAN USIA KEHAMILAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER DUA DAN TRIMESTER TIGA

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Febi Puji Utami, Firman F Wirakusumah, Hidayat Wijayanegara, Adjat Sedjati Rasyad, Suryani Soepardan, Ma’mun Sutisna
Tahun:
   2019
Kode:
 15201
Nama Penulis:
 Febi Puji Utami, Firman F Wirakusumah, Hidayat Wijayanegara, Adjat Sedjati Rasyad, Suryani Soepardan, Ma’mun Sutisna
Item Type:
 Jurnal
Additional Info:
 Jurnal Ilmiah Kesehatan Medika Respati Vol 14, No 4 Oktober (2019) Hal 347-354
ISSN/ISBN:
p-ISSN: 1907-3887
eISSN/eISBN:
e-ISSN: 26851156
Keyword(s):
Tinggi Fundus Uteri; Alat digitalisasi TFU; Pita Ukur; usia kehamilan dan hari pertama haid terakhir (HPHT)
DOI:
https://doi.org/10.35842/mr.v14i4.247
Abstract :
Latar Belakang: Estimasi usia kehamilan yang akurat mempengaruhi asuhan kebidanan yang akan diberikan pada ibu dan bayi. Usia kehamilan dapat ditentukan berdasarkan HPHT, gerakan janin, pemeriksaan Leopold, pengukuran TFU, dan USG. Pada penelitian ini usia kehamilan di hitung berdasarkan tinggi fundus uteri menggunakan alat digitalisasi TFU dan pita ukur kemudian setelah didapatkan usia kehamilan di sesuaikan dengan usia kehamilan menurut HPHT.

Tujuan: Untuk menganalisis kesesuaian alat digitalisasi TFU, Pita Ukur dan HPHT dalam menentukan usia kehamilan pada ibu hamil trimester dua dan trimester tiga. Metode Penelitian : Pada penelitian ini digunakan metode penelitian yang bersifat observasi analitik dengan pendekatan (potong lintang) dan dianalisis dengan analisis Uji Kesesuaian untuk mengetahui seberapa besar metode baru (alat digitalisasi TFU) memiliki kesesuaian dengan pita ukur menggunakan uji kesesuaian kappa.

Hasil: Berdasarkan hasil analisis statistik untuk menguji hipotesis, dapat diketahui bahwa kesesuaian (menggunakan uji kappa) alat digitalisasi TFU dan HPHT sebesar 0.83, uji kesesuaian alat digitalisasi TFU dan pita ukur 0.93, uji kesesuaian pita ukur dan HPHT sebesar 0.76.

Kesimpulan: Alat digitalisasi TFU dapat digunakan untuk menentukan usia kehamilan pada ibu hamil trimester II dan trimester III tanpa harus diketahui HPHT dan Penulis menyarakan agar dapat mengembangkan alat digitalisasi TFU sebagai alat tepat guna dengan melakukan penelitian lebih mendalam menggunakan uji diagnostik oleh peneliti selanjutnya.
    Link File