Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Terhadap Kinerja Petugas Kebersihan Luar Gedung (PKLG) Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Kramat Jati Kota Administrasi Jakarta Timur

Categorie(s):
   SKRIPSI
Author(s):
   Desty Putri Lestari
Tahun:
   2021
Kode:
 61201
NIM Mahasiswa:
 3012171185
Nama Mahasiswa:
 Desty Putri Lestari
Nama Penulis:
 Desty Putri Lestari
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Dr EVI NOVIATY, S.E., MBA.
HELENA LOUISE PANGGABEAN, S.E.MM
EPENDI, SE,MM
Evi Noviaty, SE. MBA
Rojikun, SE, MM
Keyword(s):
Keselamatan, Kesehatan Kerja, Kinerja
Abstract :
Kualitas SDM dalam instansi merupakan faktor yang penting dalam mencapai visi. Kurangnya pemahaman tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja oleh petugas maupun pihak instansi mendorong peneliti melihat sejauh mana penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja petugas di lapangan. Penelitian dengan teknik deskriptif kuantitatif menggunakan skala likert. Teknik sampelnya menggunakan sampling jenuh. Digunakan data primer yaitu jawaban kuesioner yang disebarkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument/ uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 21.0.

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh Keselamatan Kerja terhadap Kinerja Petugas Kebersihan Luar Gedung (PKLG) Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Kramat Jati, 2) Untuk mengetahui pengaruh Kesehatan Kerja terhadap Kinerja Petugas Kebersihan Luar Gedung (PKLG) Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Kramat Jati, 3) Untuk mengetahui pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja secara simultan terhadap Kinerja Petugas Kebersihan Luar Gedung (PKLG) Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Kramat Jati.

Hasil Penelitian yaitu : 1) Keselamatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, 2) Kesehatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, 3) Keselamatan dan Kesehatan Kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Petugas Kebersihan Luar Gedung (PKLG) Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Kramat Jati Kota Administrasi Jakarta Timur. Saran untuk peneliti selanjutnya agar dilakukan penelitian lanjutan menggunakan variabel lain dengan ruang lingkup yang lebih luas.