RANCANG BANGUN APLIKASI ENVIRONMENTAL HEALTH SAFETY REPORT BERBASIS ANDROID PADA PT SKF INDONESIA

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Dea Andika
Tahun:
   2021
Kode:
 55201
NIM Mahasiswa:
 2022171062
Nama Mahasiswa:
 Dea Andika
Nama Penulis:
 Dea Andika
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Ir. Yohanes Bowo Widodo, M.Kom
Sondang Sibuea, S.Kom , M.Kom
Dr Tata Sutabri, S.Kom, MMSI
Fenty Tristanti Julfia, S.Kom.,M.Kom
Keyword(s):
Android , Visual studio Code , XAMPP , Flutter.
Abstract :
Teknologi informasi yang semakin lama semakin maju dan berkembang setiap saat, mempunyai peranan yang sangat penting dalam segala aspek kehidupan. Salah satu aspek teknologi yang sedang berkembang adalah teknologi mobile pada perangkat telepon pintar (smartphone).Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan sistem operasi Android, hampir berbagai kalangan masyarakat menggunakannya. Semua karyawan di PT SKF INDONESIA menggunakan ponsel. Salah satu dari karyawan tersebut adalah divisi EHS untuk foto suatu kejadian atau masalah dalam sebuah perusahaan dalam pelaporan tersebut terjadi kendala saat memasukan input/ data ke dalam komputer / laptop karena di perusahaan laptop di proteksi tidak bisa memasukan USB Flash disk atau memori.

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan kemudahan dalam memnuat laporan di divisi EHS misalnya ada yang karyawan yang tidak memakai peralatan safety, ketidak amanan tempat kerja ruangan seperti atap bocor atau ubin retak dan lain-lain.

Aplikasi yang dirancang ini dapat memberi kemudahan dalam membuat laporan di divisi EHS. Peneliti dalam pembuatan aplikasi tersebut menggunakan Tools Visual studio code dan XAMPP dalam pembuatan aplikasi ini. Dengan menggunakan bahasa flutter , Node JS, dan Vue Js. Aplikasi yang dikembangkan memiliki kemampuan untuk memproses data EHS. Meliputi kemampuan terima input data yang terkait kecelakaan kerja dan Unsafety. Data tersebut bisa berupa gambar sebelum dan sesudah perbaikan.

Berdasarkan hasil uji coba, aplikasi ini dapat mempermudah pelapor dalam melaporkan kejadian ketidak amanan dana kecelakaan kerja, aplikasi ini juga memperudah divisi EHS membuat laporan dan menindaklanjut kejadian ketidak amanan atau kecelakaan kerja.