RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT GIGI BERBASIS ANDROID

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Dhyas Fadhillah
Tahun:
   2021
Kode:
 55201
NIM Mahasiswa:
 2022171091
Nama Mahasiswa:
 Dhyas Fadhillah
Nama Penulis:
 Dhyas Fadhillah
Item Type:
 Karya iImiah Mahasiswa (Tesis, KIAN, Skripsi, KTI, laporan PKL)
Advisor:
Ir. Yohanes Bowo Widodo, M.Kom
Abu Sopian, S.Kom, M.Kom
Sondang Sibuea, S.Kom , M.Kom
Fenty Tristanti Julfia, S.Kom.,M.Kom
Keyword(s):
Penyakit Gigi, Sistem Pakar, Forward Chaining.
Abstract :
Di era pandemi sekarang ini kesehatan tubuh seringkali menjadi sorotan dalam kehidupan, Maka dari itu, kesehatan menjadi prioritas utama yang membutuhkan perhatian untuk menjaganya terutama kesehatan pada bagian gigi. Kesehatan gigi atau rasa sakit pada gigi sering kali disepelekan, padahal jika dibiarkan akan berakibat fatal. Apabila kesehatan gigi terganggu, maka akan menurunkan fungsinya. Hal ini akan memunculkan berbagai macam penyakit gigi, mulai yang ringan hingga parah.
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah aplikasi sistem pakar berbasis android yang berisi informasi serta dapat memberikan prediksi awal penyakit gigi yang dialami user atau masyarakat melalui diagnosa gejala-gejala penyakitnya
Sistem pakar yang diancang mnggunakan metode forward chaining yang mana metode pencarian / penarikan kesimpulan berdasarkan pada data atau fakta yang ada menuju ke kesimpulan, penelusuran dimulai dari fakta yang ada lalu bergerak maju melalui premis-premis untuk menuju ke kesimpulan / bottom up reasoning.
Berdasarkan hasil pengujian aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit gigi berbasis android yang dilakukan, aplikasi tersebut dapat membantu user atau pasien dalam memecahkan permasalahan yang terjadi pada gigi dengan cara memberikan diagnosa awal, dimana hasilnya telah sesuai dengan table keputusan serta dapat memberikan informasi mengenai kesehatan gigi dan bagaimana cara merawat gigi dengan baik dan benar.