Implementasi BAS (Building Automatic System) Menggunakan Replikasi Prototype Control Lighting Dengan Mikrokontroller Arduino

Categorie(s):
   Jurnal
Author(s):
   Tata Sutabri, Purnomo, Yohanes Bowo Widodo
Tahun:
   2021
Kode:
 55201
Nama Penulis:
 Yohanes Bowo Widodo
Item Type:
 Jurnal
Additional Info:
 Jurnal Teknlogi Informatika dan Komputer MH. Thamrin Volume 7 No 1; Maret 2021
ISSN/ISBN:
2656-9957
eISSN/eISBN:
2622-8475
Keyword(s):
Arduino, Smart Building, Building Automatic System, Local Host
DOI:
https://doi.org/10.37012/jtik.v7i1.501
Abstract :
Efisiensi, efektifitas, penghematan energi listrik telah menjadi topik penelitian yang menarik banyak peneliti sekarang ini. Model teknologi telah banyak yang diusulkan untuk meningkatkan efektifitas dan hemat energi listrik bagi Perusahaan. Salah satu contohnya adalah model BAS (building automatic system) mengunakan perangkat Arduino. Pada penelitian ini, implementasi system BAS menggunakan replikasi prototype control lighting dengan Mikrokontroller Arduino. Penelitian dilakukan pada PT. Betawi Jaya Mandiri. Sistem BAS yang diusulkan dikendalikan secara terpusat oleh sebuah komputer. Komputer dapat mengontrol hidup atau matinya lampu dengan menggunakan Ardiuno Client. Komputer juga dapat mengetahui arus listrik yang terpakai mengunakan arduino server. Kelebihan alat ini dapat mengontrol semua lampu atau beban lain dalam gedung bertingkat dari satu tempat yaitu server berupa local host. Penerapan sistem BAS pada PT.
Betawi Jaya mandiri menjadikan operasional pemantauan gedung sangat efektif. Dengan sistem BAS ini jam operasional bisa diatur dengan mudah dengan kontrol dari laptop melalui tombol on/off. Seluruh lampu di setiap lantai bisa dipantau dengan baik.

    Link File